5 Fakta Reza Rahadian Pindah Agama jadi Mualaf, Sikap Ibunda Bikin Terenyuh. Masya Allah

 

Reza Rahadian baru-baru ini menceritakan kehidupan pribadinya yang selama ini jauh dari sorot media. Kepada Daniel Mananta, Reza mengungkap rahasia hidupnya, termasuk soal pindah agama dan menjadi mualaf. 

Dalam kanal YouTube Daniel Mananta Network, pria bernama lengkap Reza Rahadian Matulessy ini menceritakan masa kecilnya. Ia tumbuh di lingkungan keluarga dan masyarakat Nasrani.

Lantas seperti apa kisah perjalanan spiritualnya? Berikut fakta-fakta Reza Rahadian pindah agama dan jadi mualaf yang telah dirangkum Suara.com.

1. Menjadi Mualaf di Umur 19 Tahun

Reza Rahadian pindah agama dari Kristen ke Islam sejak belasan tahun lalu.

"Sebenernya (pindah agama) udah dari umur 19 atau 20 kali ya, udah lama. Dan udah pernah ngomong juga ini di media," kata Reza Rahadian saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu, (10/4/2021).

Perpindahan keyakinan Reza Rahadian ini kembali heboh di media sosial. Lelaki 34 tahun itu mengaku hanya sharing dengan Daniel Mananta soal pengalamannya karena pembicaraan ke arah sana.

"Maksudnya udah, ya saya nggak tau trending atau nggak ya, i dont know nggak ngelihat," sambungnya.

Hanya saja, dia paham mungkin beberapa masyarakat baru tahu.

"Itu sebenernya berita udah lama banget ya. Saya udah ngobrol itu dari zaman entah kapan. Cuma mungkin karena baru cerita di sebuah podcast di YouTube-nya Daniel, jadi mungkin ada yang baru tahu," tuturnya.

2. Beda Keyakinan dengan Ibu dan Kakak

Saat ini, Reza Rahadian menjadi satu-satunya anggota keluarga yang memeluk Islam di keluarganya. Ibu dan adiknya tetap beragama Kristen.

"Gue jarang ngomongin soal agama. Dan transisi gue bukan karena alasan apa pun selain dari keyakinan yang memang gue rasa itu dialog gua dengan Tuhan," ungkap Reza Rahadian.

“Adik gue tetap Nasrani, dan kita bisa bahagia bersama dalam artian menjalankan agama masing-masing, nyokap gue Natalan, gue paling senang karena itu momen gue untuk mendekorasi pohon Natal,” ujar Reza.

“Nyokap kebaktian, minimal gue menghormati, sekalian ngambil foto. Aku membiarkan mama merayakan Natal, atau paskah, mau ada kebaktian di rumah, di tempat dimana gue salat, di situ nyokap gue juga bisa berdoa pada Tuhan Yesus dengan caranya dia,” sambung dia.

3. Tak Ada Paksaan Untuk Pindah Agama

Rupanya, tak ada alasan tertentu yang mendorongnya beralih keyakinan, baik itu pekerjaan, keluarga, pasangan, atau paksaan dari orang-orang.

"Kerjaan bukan, pasangan lebih-lebih lagi, paksaan dari orang sekitar atau orang-orang terdekat yang mungkin mengajak, nggak sama sekali. Tapi itu komunikasi gue dengan Yang Di Atas dan komunikasi dengan nyokap gua. Karena itu gue komunikasikan ke Nyokap," beber Reza Rahadian.

Pemain film Rudy Habibie itu mengaku memang jarang membicarakan soal agama kepada siapapun. Transisinya adalah dialognya dengan sang pencipta.

4. Glenn Fredly Jadi Guru Reza Sebelum Pindah Agama

Reza kecil merupakan seorang Nasrani dan dibesarkan di sekolah Kristen. Reza Rahadian bercerita mengenang mendiang Glenn Fredly dulu merupakan salah satu guru Reza saat kecil.

“Dibesarkan sebagai Nasrani dong, gue dari kecil Sekolah Minggu, Glenn Fredly adalah salah satu guru Sekolah Minggu gue di gereja waktu itu. Jadi gue dibesarkan secara Kristen, dan nila-nilai itu ada di dalam diri gue,” ujar dikutip dari Hops.id--jaringan Suara.com, Kamis (8/4/2021).

Seiring berjalannya waktu, aktor berdarah Maluku itu memutuskan untuk menjadi seorang mualaf bukan karena diajak oleh siapapun.

5. Dapat Pesan Menyentuh dari Ibunda

Reza mengungkapkan bahwa sebelum pindah agama, dirinya membicarakan hal tersebut kepada ibunya.

Saat belum selesai bicara, ibu Reza langsung memberikan pengertian bahwa putranya berhak memilih agama yang diyakininya. Sang ibu juga berpesan agar Reza bisa menjalani agama Islam dengan baik.

“Karena gue komunikasikan itu ke nyokap, ‘mah kayaknya kakak punya’ gue belum selesai ngomong, tahu enggak? (Mama Reza) ‘itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu’. Pesan mama cuma satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik, sudah enggak ada perdebatan, pertengkaran, hubungan nyokap baik-baik saja,” ungkap Reza.

0 Response to "5 Fakta Reza Rahadian Pindah Agama jadi Mualaf, Sikap Ibunda Bikin Terenyuh. Masya Allah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel